Breaking News

Masih Soal Galian Batu Bara Ilegal di Cihara, Begini Komentar Camat

 

Galian tambang batubara tradisional di Kecamatan Cihara, Lebak, Banten. Poto: istimewa
Lebak, LineNews.id - Terkait maraknya tambang batu bara yang diduga tidak mengantongi izin di wilayah Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, Camat Cihara tidak membantah.

Camat mengatakan, para pelaku galian tradisional itu tidak pernah memberitahukan sebelumnya kepada pemerintah setempat apabila melakukan kegiatan produksi.

Akan tetapi, aktivitas eksploitasi bumi diduga tak berizin tersebut nampaknya sudah menjadi pemandangan umum di depan mata, bahkan pemerintah dan aparat pun sudah mengetahuinya, namun terkesan diabaikan.

Padahal, selain telah menabrak aturan, kegiatan penambangan batu bara ilegal sangat berdampak pada kerusakan alam dan lingkungan.

Sejauh ini kata Camat, para pelaku gurandil selalu main kucing-kucingan apabila akan dilakukan koordinasi.

"Sudah seharusnya kami tahu keberadaan tambang ilegal yang berada di wilayah kecamatan Cihara. Tapi untuk komunikasi bahkan koordinasi tidak pernah ada dari pemilik galian, bahkan ketika kami datangi juga mereka tidak pernah ketemu," kata Camat Cihara, Asep Kusnandar, Rabu (31/1/24).

Lanjut Camat, pihaknya mengaku sudah mengimbau para pemilik galian untuk menghentikan kegiatan selama belum mengantongi izin. Pihaknya juga mengaku sudah melaporkan kepada atasannya di pemerintahan.

"Akan tetapi sesuai kewenangan, kami selalu berusaha untuk mengimbau melalui surat edaran agar untuk menghentikan kegiatan tersebut, tapi tidak ada respon dan kami hanya bisa melaporkan ke pimpinan kami," katanya.

Terkait masalah ini, Camat mengaku sudah memberikan tembusan ke pihak Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Lebak.

"Tembusan disampaikan ke satpol PP dan DLH Kabupaten," katanya. (KW)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close