Breaking News

Catatan Wali Kelas Terbaru

Ilustrasi

LineNews.id - Berakhirnya kegiatan ujian atau penilaian akhir merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh siswa untuk mengetahui nilai hasil kerja kerasnya. Bukan hanya itu, wali kelas, guru, hingga orang tua siswa juga menunggu pengambilan raport / erapor untuk mengetahui seberapa baik perkembangan dan hasil belajar siswa.

Rapor / Raport / eRaport harus diisi dan diselesaikan oleh guru dan wali kelas yang bertanggung jawab untuk kelas tertentu. Selain berisi nilai-nilai hari ulangan siswa, raport juga berisi kegiatan ekstrakurikuler, perkembangan siswa, capaian pembelajaran, hingga catatan guru / wali kelas.

Nah, catatan wali kelas merupakan catatan yang diisi wali kelas tentang setiap siswanya, entah yang memiliki prestasi, memperoleh nilai tinggi, nilai rendah, atau bahkan belum naik kelas.

Catatan wali kelas umumnya berisi kalimat dari wali kelas yang bertujuan untuk memberi motivasi, dorongan, serta pesan-pesan baik bagi siswanya. Oleh sebab itu, wali kelas harus berhati-hati dalam membuat catatan wali kelas karena akan dibaca siswanya sebagai motivasi diri dan semangat untuk jenjang berikutnya.

Contoh Catatan Wali Kelas

1. Tingkatkan lagi belajarmu agar kamu bisa memperoleh ranking yang lebih baik lagi.

2. Nilaimu sudah sangat baik. Jangan berkecil hati meskipun belum memperoleh peringkat 10 besar. Masih ada banyak kesempatan, jadi belajarlah yang giat.

3. Belajar adalah kunci dari keberhasilan, maka dari itu tingkatkan lai belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik untuk keberhasilan di masa depan.

4. Jangan pernah merasa pesimis. Kamu harus selalu optimis untuk memperoleh nilai yang baik dengan rajin belajar.

5. Fiqi, bersekolah bukan hanya untuk menimba ilmu, melainkan belajar tentang akhlak, tata krama, dan adab kesopanan.

6. Asep, cara belajarmu sudah bagus. Jadi teruslah rajin belajar agar kamu menjadi pribadi yang baik dan membanggakan orang tua.

7. Meskipun kamu memperoleh peringkat paling rendah di kelas, namun ibu tetap bangga karena kamu adalah siswa yang penurut, sopan, dan selalu patuh peraturan.

8. Selama satu semester ini kamu mengalami banyak perkembangan, terutama dalam hal nilai dan kedisiplinan belajar. Ibu harap kamu bisa mempertahankannya agar nilaimu semakin baik di semester berikutnya.

9. Kamu memiliki kemampuan menguasai pelajaran matematika yang sangat baik. Namun kamu juga harus meningkatkan kemampuan di bidang lain seperti bahasa Indonesia, Sejarah, dan Agama.

10. Teruslah semangat belajar. Ibu bangga dengan nilai yang kamu dapatkan di semester ini.

11. Meskipun peringkatmu masih rendah dibanding siswa lain, namun ibu yakin kamu mampu berkembang dan meraih ranking tinggi di kesempatan berikutnya.

12. Asiah, kamu adalah siswa yang cerdas. Pertahankan cara belajarmu agar nilai dan prestasimu tetap cemerlang.

13. Samsul, nilai dalam pelajaranmu memang baik, namun jadilah lebih disiplin dan patuh aturan di sekolah. Belajarlah menjadi murid yang teratur dan jangan lakukan hal-hal yang bersifat melanggar.

14. Semangatlah dalam belajar, teruslah berkarya, dan jangan lupa berdoa untuk meraih keberhasilan di masa depan.

15. Jangan bersedih, kesempatan untuk memperbaiki nilai yang rendah masih banyak. Ibu berpesan supaya kamu bisa mengurangi bermain dan lebih fokus dalam belajar.

16. Adi Hidayat, nilaimu di semester ini menurun. Ibu harap kamu bisa memperbaiki nilai rapor di semester berikutnya.

17. Alya Ika, selamat kamu memperoleh ranking terbaik di kelas. Ibu sangat bangga kepadamu, tetaplah belajar dan pertahankan prestasimu ini.

18. Meskipun kamu adalah siswa terpintar di kelas, namun jangan sampai lengah karena temanmu mungkin bisa mengambil posisimu di rangking satu.

19. Jangan sia-siakan masa depanmu. Perbanyak lagi belajar nak. Ingat! penyesalan itu tidak datang di awal.

20. Sekolah adalah tempat untuk meraih masa depan. Jadi ibu harap kamu bisa lebih giat ke sekolah dan tidak lagi membolos.

22. Meskipun kamu belum bisa masuk 10 besar, namun kamu adalah siswa yang paling rajin dan patuh aturan di sekolah. Ibu tetap bangga padamu, pertahankan sikap baikmu itu.

23. Kemampuanmu dalam menguasai materi pelajaran sangatlah baik. Ibu harap kamu tetap rendah hati dan mampu bergaul dengan baik di sekolah.

24. Gunakan waktu mudamu untuk melakukan hal positif. Jangan suka membolos apalagi melanggar aturan sekolah supaya kamu sukses di masa depan.

25. Usaha tak pernah mengkhianati hasil. Cobalah kesempatan berikutnya dengan perbanyak belajar dan berdoa.

26. Teruslah berusaha menjadi siswa yang baik dari hari ke hari. Belajar adalah proses yang harus dilewati, kesuksesan adalah hasilnya.

27. Untuk semester berikutnya, ibu berharap kamu menjadi lebih rajin dan fokus menghadapi ulangan yang semakin sulit.

28. Kewajiban seorang siswa adalah belajar. Jadi belajarlah dengan giat nak, banggakan guru di sekolah dan orang tua di rumah.

29. Imbangi kemampuan akademik dan non akademik supaya prestasi dan nilaimu di sekolah bisa seimbang.

30. Kamu memang memiliki bakat non akademis yang hebat. Namun jangan lupa untuk meningkatkan prestasi akademismu.

31. Jangan terlalu banyak bermain. Ingatlah kewajiban siswa adalah belajar untuk menjadi pribadi yang cerdas dan membanggakan orang tua.

32. Selamat kamu memperoleh nilai yang lebih tinggi dari semester berikutnya. Teruslah belajar dengan giat agar nilaimu di semester selanjutnya juga meningkat.

33. Rajinlah membaca agar pengetahuanmu meningkat. Membaca merupakan jendela dunia.

34. Ibu tahu kamu adalah siswa yang pintar, tapi akhir-akhir ini kamu sering membolos sekolah. Ibu harap kamu lebih rajin lagi bersekolah agar raportmu tidak jelek.

35. Pamungkas, nilaimu di raport ini cukup buruk. Ibu harap kamu tidak melupakan kewajiban siswa yaitu belajar.

36. Andi, jadilah lebih aktif dalam kegiatan belajar langsung maupun tatap muka. Sebab ibu sering melihat kamu kurang fokus selama jam pelajaran.

37. Putri, selamat atas ranking satu yang kamu peroleh. Teruslah pertahankan dan jangan sampai lengah dengan teman-temanmu.

38. Faisal, kamu adalah siswa yang sangat cerdas. Teruslah berusaha keras agar cita-citamu dapat terwujud.

39. Hadi, di semester ini kamu tidak hadir ke sekolah sebanyak 5 kali tanpa surat izin. Ibu harap kamu tidak mengulangi kesalahan ini lagi di semester berikutnya.

40. Santi, meskipun nilaimu belum memuaskan, tapi jangan patah semangat. Kamu harus optimis untuk meraih nilai yang lebih tinggi di semester depan.

41. Kesuksesan tidak bisa diraih dengan cara instan. Jadi teruslah belajar dengan giat agar masa depanmu cerah.

42. Menurut statistik nilai, kamu mengalami peningkatan akademis yang baik. Ibu harap kamu bisa mempertahankannya dengan lebih baik lagi.

43. Semangat terus dalam meraih cita-cita di masa depan. Doa dari ibu guru akan selalu menyertai murid-muridnya.

44. Selamat dan sukses atas peraihan peringkat 5 besar di kelas. Kamu bisa menjadi peringkat 1 dengan terus belajar dan berdoa.

45. Kamu adalah siswa yang pintar dan berprestasi. Jangan pernah bosan untuk belajar demi prestasi yang cemerlang.

46. Ayo belajar lebih giat lagi agar prestasimu meningkat. Ibu percaya kamu pasti bisa.

47. Ibu yakin tidak ada siswa yang bodoh di kelas ini. Hanya saja mereka perlu belajar lebih giat untuk meraih nilai yang baik.

48. Nilamu menurun drastis di semester ini karena kamu kebanyakan bermain. Ibu minta agar kamu mengurangi bermain game dan bisa fokus belajar.

49. Bapak percaya kamu punya kecerdasan yang hebat. Kurangi saja main gamenya dan belajarlah giat agar kamu masuk 10 besar.

50. Ibu selalu mendukung semangat belajarmu nak. Jadi jangan pesimis dan berusahalah lebih keras di semester berikutnya.

51. Nah, belajar adalah hal yang sangat penting. Jika nilaimu begini terus, kamu bisa gagal naik kelas. Ibu harap kamu tidak lagi lalai bajar.

52. Meskipun kamu adalah siswa yang pintar, namun kamu sering melanggar aturan sekolah. Jadi ibu harap kamu bisa memperbaiki kekuranganmu itu.

53. Di tahun berikutnya, kamu sudah menginjak semester terakhir. Jadi jangan sia-siakan kesempatanmu ini untuk meraih nilai yang baik.

54. Banggakan orang tuamu lewat nilai raport yang memuaskan. Teruslah belajar dengan giat agar nilaimu tinggi.

55. Lupakan kegagalanmu di semester lalu. Sekarang kamu harus belajar dengan tekun dan fokus untuk meraih prestasi yang baik di sekolah.

56. Tolong tingkatkan lagi belajarnya ya, waktumu di SMP ini tinggal sedikit, jadi jangan disia-siakan.

57. Kesempatanmu di SMA ini tinggal sekali. Jadi jangan sampai disia-siakan, belajarlah lebih giat agar nilaimu meningkat.

58. Jangan kecewakan kedua orang tuamu yang telah membiayai sekolahmu nak. Buat mereka bangga dengan nilai dan prestasimu di sekolah.

59. Ayo tunjukkan semangatmu dalam belajar, perbaiki nilaimu, dan patuhlah terhadap peraturan di sekolah.

60. Jangan terbiasa datang ke sekolah terlambat ya nak. Kebiasaan buku ini bisa merusak raportmu.

61. Semangat dalam belajarmu sudah sangat bagus. Pertahankan agar kamu bisa meraih cita-cita yang besar di masa depan.

62. Semester ini kamu sudah mengalami banyak sekali peningkatan. Ibu ucapkan selamat atas perolehanmu ini nak.

63. Jangan malu bertanya dan jangan takut salah dalam belajar. Ibu akan selalu mendukung semua proses belajarmu.

64. Jangan gunakan waktu mudamu untuk bersantai nak. Jadilah siswa yang rajin demi masa depan yang cerah.

65. Anto, kamu adalah siswa yang paling pintar di kelas ini. Namun kamu harus tetap rendah hati dan mau bergaul dengan teman-teman sekelas dengan baik.

66. Kamu sudah dengan ujian nasional. Jadi kedepannya ibu harap kamu sudah siap menghadapi ujian dengan belajar giat.

67. Prestasimu dalam perlombaan memang sangat membanggakan. Tapi jangan lupakan prestasimu dalam hal akademik.

68. Ibu lihat kamu sekarang sering melanggar aturan dan bolos sekolah. Jadi tolong hindari pergaulan dengan teman-teman yang tidak benar. Ibu percaya kamu adalah anak yang baik dan pintar.

69. Aldi Setyo, bapak percaya suatu saat kamu bisa meraih cita-cita menjadi seorang dokter. Jadi belajarlah dengan rajin dan jangan mudah putus asa.

70. Cara belajarmu sudah sangat bagus, pertahankan dan jangan sampai prestasimu menurun di semester berikutnya.

71. Untuk kesuksesanmu di masa depan, ibu akan selalu mendoakanmu nak. Jadi berusahalah dengan maksimal dan jangan lupa patuhi guru di sekolah.

72. Selamat untuk Dewi Anggita, berkat ketekunanmu dalam belajar, kamu memperoleh peringkat 10 besar di kelas.

73. Selamat kamu memenuhi persyaratan untuk naik kelas dan telah dinyatakan naik kelas.

74. Jangan bersedih, masa depan masih panjang. Intinya berusahalah maksimal dan jangan sia-siakan waktu berhargamu.

75. Owi adalah siswa yang cerdas, hanya saja kamu kurang belajar. Ibu berpesan supaya kamu mengasah kecerdasanmu dengan giat belajar dan berlatih soal-soal.

76. Pertahankan prestasi yang kamu peroleh. Teruslah semangat belajar dan meraih prestasi yang terbaik, tunjukkan sikap positif dan tetaplah rendah hati dengan teman-teman yang lain.

77. Ahmad Budi, nilai yang kamu peroleh sudah sangat baik. Pertahankan dan tingkatkan nilaimu ini di semester selanjutnya.

78. Ananda, kamu harus fokus dengan aktivitas belajar di sekolah. Jangan kecewakan orang tuamu yang telah membiayai sekolahmu.

79. Doni, bertemanlah dengan baik di lingkungan sekolah. Jangan menghina dan menjauhi teman-temanmu.

80. Puput, jadilah siswi yang beradab dan punya sopan santun di sekolah. Hormati ibu gurumu di sekolah agar kamu menjadi pribadi yang baik.

Meskipun hanya berbentuk sebuah kalimat pendek, namun catatan dari wali kelas dapat memberikan motivasi yang besar bagi siswa. Oleh sebab itu, catatan wali kelas harus dibuat dengan sebaik mungkin, penuh makna, dan penuh perasaan terhadap siswa. (Reg)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close