Breaking News

Jalur Labuan - Pandeglang Rusak, Praktisi Hukum Desak Pemerintah Tindak Pengusaha Tronton

 

Advokat Misbakhul Munir. 
Pandeglang, LineNews.id - Kondisi Ruas Jalan Labuan - Pandeglang yang rusak parah menyedot perhatian Praktisi hukum asal Kabupaten Pandeglang, Misbakhul Munir. Menurutnya, jalur di sana jadi hancur akibat lalu lalang tronton yang diduga muatannya over tonase. 

"Ketidak nyamanan pengguna jalan di Pandeglang ini atas liarnya pengguna kendaraan tronton bermuatan melebihi kapasitas," ujar pria yang kerap disapa Agus Munir ini lewat rilis yang diterima LineNews.id, Kamis (9/3/2023). 

Pihaknya menekan Pemkab Pandeglang agar lebih tegas terhadap para pengusaha armada yang diduga menjadi dalang perusakan badan jalan tersebut. 

Terlebih, Agus menyebut bahwa di sepanjang jalur itu sering ditemui kendaraan tronton yang parkir sembarangan sehingga sangat rawan menjadi penyebab kecelakaan. 

"Harus segera ditindak baik oleh Dinas Perhubungan ataupun Kepolisian Polres Pandeglang, tak perlu sungkan dan tindak tegas," tandasnya. 

Tudingan praktisi hukum tersebut bukan lah tanpa sebab, di jalur itu kata dia, sudah sering memakan korban karena permukaan jalan berlubang. 

Kondisi itu akan lebih memperihatinkan saat waktu malam hari, akibat pandangan terbatas sehingga banyak kendaraan yang rusak menginjak jalan berlubang saat melaju kencang. 

"Pemerintah provinsi dan pusat sudah tidak memperhatikan fasilitas umum yang layak bagi masyarakat, mereka sudah buta rupanya, atas banyaknya kejadian lakalantas serta rusaknya kendaraan pribadi dikarenakan jalan berlubang," tukas praktisi tersebut.

Kata dia, pihak yang berwenang dalam hal ini Dinas PUPR diminta segera melakukan perbaikan atau pemeliharaan jalan agar jalur tersebut lebih nyaman dan aman bagi pengendara yang melintas. 

"Pemeliharaan jalan sangatlah penting dan harus dilakukan oleh semua unsur,"  ucapnya. 

Agus Munir juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, mahasiswa dan pegiat sosial agar bersama menyampaikan suara kepada pemerintah kaitan dengan jalan rusak tersebut. 

"Jika tidak ada tindakan juga dari pemerintah dalam memperbaiki jalan Labuan Pandeglang atau pun tindakan tegas dari dinas serta kepolisian atas aktifitas kendaraan bermuatan berlebih maka mengimbau kepada aktifis, LSM, mahasiswa dan Ormas lainnya untuk bergerak bersama melakukan aksi secara terukur dan melakukan pencegahan atas kerusakan jalan yang lebih parah lagi terkait jalan lintas milik kita satu satunya ini," tegasnya. (HR) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close