News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perpustakaan Saidja Adinda Ramai Diminati Pengunjung Literasi

Perpustakaan Saidja Adinda Ramai Diminati Pengunjung Literasi

      LEBAK, LineNews.id - Perpustakaan Saidja-Adinda milik pengelolaan Pemkab Lebak dalam lima bulan terakhir diminati pengunjung. Pengunjung dilaporkan meningkat tajam selama lima bulan terakhir, mencapai 9.500 orang, padahal sebelumnya hanya 5.000 orang per tahun, Rabu (29/06).

     Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Robert Chandra bahwa peningkatan kunjungan perpustakaan itu kini dinilai luar biasa.

      Dikatakannya, kunjungan ke Perpustakaan Saidja-Adinda Kabupaten Lebak rata-rata 70 orang per hari dari sebelumnya cuma 10 orang per hari.

      "Dari kunjungan 70 orang itu jika diakumulasikan 2.100 orang per bulan dan ditargetkan sampai Desember 2022 sekitar 19.000 orang," kata Robert.

      Menurutnya, peningkatan kunjungan perpustakaan tersebut ditunjang berbagai faktor. Mulai kualitas pelayanan dari pengadaan buku, kenyamanan, kebersihan, keindahan sehingga orang sangat memuaskan jika berada di perpustakaan tersebut. Juga diperbanyak buku-buku referensi, sesuai disiplin ilmu.

      "Mereka kebanyakan pengunjung dari berbagai kalangan mulai TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Pengunjung dari TK/ SD, sangat betah tinggal di perpustakaan, karena didesain ruangan membaca sebagai tempat belajar dan bermain, seperti menyanyi, membaca sajak, puisi, huruf hijaiyah hingga Pancasila," katanya.

      Bahkan, terang Robet, pihaknya juga kerap mendatangkan pendongeng nasional, sehingga anak-anak sangat senang untuk mengunjungi perpustakaan.

      Sebab, kata dia, banyak mahasiswa yang datang ke sini membutuhkan referensi buku untuk skripsi, bahkan mereka mengerjakan skripsi di Perpustakaan tersebut karena nyaman dan menyenangkan.

      "Kami terus menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk menambah buku koleksi, termasuk Bank Indonesia ( BI) dan hibah dari masyarakat," papar Robet.

      Sementara, salah seorang mahasiswi, Aenma Afrevti Vihta Timernur dari salah satu PTN di Serang kepada LineNews.id menyebut, bahwa mereka datang ke Perpustakaan Saidja-Adinda untuk keperluan bahan penelitian skripsi. Begitupun buku yang dicari untuk dijadikan bahan referensi banyak tersedia di perpustakaan tersebut.

      “Iya, saya dan dua teman sengaja datang ke sini karena buku-buku di sini lengkap. Ini Saya juga tengah ngerjain skripsi di sini, Alhamdulillah di sini banyak buku-buku yang cocok untuk bahan penelitian saya. Apalagi di perpustakaan ini juga suasananya menyenangkan," tutur Aenma Afrevti. (Adnien)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.