News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Banten

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Banten

Lebak, LineNews.id - Telah terjadi gempa bumi sekitar pukul 16:05 WIB, dengan kekuatan 6,7 Magnitudo yang berpusat di 52 Kilo Meter (KM) Barat daya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menyebabkan sejumlah rumah roboh di bagian atap. Jum'at, (14/1/2022).

Disebutkan, berdasarkan informasi lengkap dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Pusat gempa berada di 52 KM Barat Daya Sumur, 71 KM Barat Daya Binuangeun, 95 KM Barat Daya Labuan, 141 KM Barat Daya Serang dan 197 KM Barat Daya Jakarta yang tidak berpotensi Tsunami.

Selanjutnya, gempa susulan pada pukul 16:53 WIB dengan kekuatan 3,0 Magnitudo di titik yang sama terjadi dan membuat warga kembali panik.

Kepada LineNews.id, salah satu warga Barengkok Girang Arda yang rumahnya ambruk mengaku panik saat terjadi gempa dan pasrah rumahnya di bagian atap telah ambruk.

"Kaget pastinya, gempanya juga lama kerasa banget goncangannya, saya pasrah aja rumah ambruk di bagian atap, gentengnya turun semua," katanya. 

Sementara itu, Camat Kecamatan Wanasalam Dadan R. Wardana mengimbau, agar masyarakat tetap waspada dan tidak terprovokasi dengan informasi palsu dan meminta segera melaporkan jika ada rumah yang roboh akibat gempa.

"Kami imbau kepada masyarakat khususnya di Wanasalam, agar tetap tenang dan waspada, jangan sampai ada terprovokasi kalau ada informasi yang membuat kita panik, bantu kami kalau ada rumah yang roboh segera kirim data lengkap untuk dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak," paparnya.

Terpisah, Warga Kecamatan sumur, Asep Abuy membenarkan kejadian tersebut ada getaran dahsyat dan merusak hampir semua bangunan yang ada di kecamatan itu.

Dalam dua kali gempa berselang selang 11 menit itu membuat panik warga sekitar. Hampir semua warga di Sumur panik. Dirinya pun mengaku masih shock. 

"Alhamdulilah masih kondusif pak, cuma banyak rumah, sekolah yang rusak," terangnya. (Reg/Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.