News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pilkades Darmasari Digantung di PTUN Serang

Pilkades Darmasari Digantung di PTUN Serang

Musyawarah panitia Pilkades Kabupaten Lebak terkait Pilkades Darmasari yang ditunda sesuai putusan sela Pengadilan PTUN Serang. Dan Surat Keputusan Bupati Lebak yang berisi penundaan tahapan pemungutan suara Pilkades Darmasari karena menunggu inkrah PTUN Serang, Rabu (20/10).
Lebak, LineNews.id - Pasca terbitnya putusan sela dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang, terkait sengketa administrasi di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Darmasari, Kecamatan Bayah, dalam hal pencoretan Juhani sebagai bakal calon (Balon Kades) karena dituding berkas tidak lengkap (BTL). 

Dalam putusan sela di PTUN Serang No 60/G/2921/PTUN.SRG Tertanggal 18 Oktober 2021 itu, gugatan Juhani sebagai Balon Kades dikabulkan, sehingga pengadilan memutus Penetapan Daftar Calon Pilkades Darmasari dan tahapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades itu ditunda.        

Dalam keputusan sela itu dijelaskan, mewajibkan kepada tergugat untuk menunda pelaksanaan Acara Penetapan Calon Kepala Desa dan DPT Pilkades Desa Darmasari, Kecamatan Bayah Tahun 2021 Nomor: 140/05-PAN Dms/2021, tanggal 24 Agustus 2021, beserta lampirannya selama pemeriksaan Sengketa Tata Usaha Negara sedang berjalan, sampai ada putusan Pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap.       

Sebelumnya, empat calon kepala desa (Cakades) Darmasari yakni, Ahmad Yani, Tugio, Seli Ayuningtyas dan Ade Hidayat telah sepakat agar Pilkades tetap di gelar sesuai tahapan dan sesuai jadwal waktu.

"Dan apabila harapan kami tidak diindahkan, jangan salahkan Kami apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, kita berempat sudah memenuhi dan mengikuti tahapan demi tahapan Pilkades ini sesuai dengan aturan," tandas ke empat calon Kades tersebut dalam pernyataan kepada wartawan.       

Begitupun massa pendukung dan simpatisan Empat Cakades, mengaku akan menggelar aksi demo protes ke PTUN Serang. 

Massa meminta agar pelaksanaan Pilkades tetap dilanjutkan, mengingat kondisi tersebut akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Terlebih, sudah banyak biaya yang di keluarkan oleh panitia dan para Cakades.       

Pantauan LineNews.id, Rabu kemarin (20/10), aksi dimulai dari Kantor Desa Darmasari. Massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Desa Darmasari (FMDD) tersebut jumlahnya terus bertambah hingga jalan raya tertutup ratusan massa.       

 "Ditundanya Pilkades akan menimbulkan kerugian keuangan negara, kerugian yang di keluarkan panitia Pilkades Darmasari dan unsur masyarakat untuk biaya Pilkades Darmasari. Warga Darmasari menuntut pelaksanaan Pilkades tidak ditunda demi kepentingan umum,” ungkap seorang warga yang orator, Rabu (20/10).       

Sementara dalam musyawarah para Panitia Pilkades Darmasari, Sub Panitia Kecamatan Bayah, Panitia Kabupaten, DPMD Lebak, Unsur Forkopimda Lebak dan Direktur Intelkam Polda Banten ini akhirnya memutuskan menghormati dan mengikuti putusan sela Pengadilan PTUN dan menunda waktu pelaksanaan Pilkades Darmasari.

 Kepada LineNews.id, Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten yang dijabat Asda l Pemkab Lebak, Al Kadri mengatakan, dengan adanya keputusan sela dari PTUN terhadap Pilkades Darmasari Pemkab Lebak akan menghormati apa yang menjadi keputusan sela dari PTUN Serang tersebut.       

"Iya ini baru putusan sela, jadi kita akan tunda Pilkades Darmasari karena adanya Putusan PTUN ini, sampai nanti ada keputusan tetapnya. Artinya kita menunggu putusan inkrah dari pengadilan. Tapi untuk waktu pelaksanaan Pilkadesnya otomatis pasti bergeser maju, menyesuaikan putusan pengadilan,” kata Al Kadri, Rabu (20/10).       

Dikatakannya, pihaknya akan mengikuti apa yang menjadi keputusan pengadilan PTUN itu, dan untuk tahapan Pilkades-nya akan menyesuaikan dengan keputusan sela dari PTUN.       

Pada bagian lain, Alkadri juga mengasumsikan kemungkinan putusan inkrah nanti dari PTUN yang bisa saja memenangkan panitia atau sebaliknya memenangkan penggugat, yakni Juhani.       

"Nah, karena Pilkades Darmasari ini waktu pelaksanaannya menunggu inkrah putusan PTUN. Jadi kalau Panitia Pilkades nanti yang memenangkan, berarti panitia tinggal melanjutkan tahapan-tahapan yang belum dilaksanakan, seperti sekarang kampanye sudah selesai, berarti tinggal dua tahapan lagi yaitu pencoblosan dan penetapan hasil suara. Sedangkan jika Juhani yang menang, berarti tahapan harus diputar balik ke awal, yaitu balik lagi ke pendaftaran bakal calon, jadi dibuka ulang kembali pendaftaran bakal calon, termasuk memberi kesempatan kembali ke pa Juhani," paparnya.      

Terpisah, usai musyawarah Panitia Pilkades Darmasari dan Sub Panitia Kecamatan serta panitia kabupaten. Bupati Lebak pun mengeluarkan surat Bernomor 141/1796-P3D/2021 Tertanggal 20 Oktober 2021, yang berisi Putusan Penundaan Sementara tahapan pemungutan suara Pilkades Darmasari sesuai putusan sela PTUN No 60/G/2921/PTUN.SRG Tertanggal 18 Oktober 2021. (HR/Chuntay) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.