News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gaido Foundation Bina Petani agar Bisa Panen 4 Kali Setahun

Gaido Foundation Bina Petani agar Bisa Panen 4 Kali Setahun

Tampak M Hasan Gaido pendiri Gaido Foundation tengah berdiskusi dengan Ketua Umum Intani yang juga Staf Ahli Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika di Lebak Banten belum lama ini.
       Lebak, LineNews.id - Ada kabar baik bagi para petani sawah di Banten khususnya di Kabupaten Lebak bahwa petani bisa meraup panen lebih cepat, bisa empat kali panen dalam satu tahun.

       Hal tersebut mengemuka disampaikan seorang petani asal Kecamatan Panggarangan Nurul Hayat Latif yang juga selaku Koordinator penanaman Padi Trisakti di Desa Cisuren dan Mekarjaya, khususnya yang sudah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Gaido Foundation.

        "Kami langsung membentuk Gapoktan dibantu oleh Pak Jaro Ahyat. Alhamdulilah para petani sangat antusias penuh semangat bahwa nanam padi dengan bibit unggul Trisakti dan pupuk organik milik Prof Ali Zum Bashar, yang dikelola oleh Gaido Foundaton, ini bisa mendesain umur padi dipanen lebih cepat, bisa 4 kali dalam satu tahun,”ujarnya, Selasa (12/10).

        Menurut Nurul Hayat, bulir padinya tersebut lebih banyak, maka hal ini adalah hal yang bisa wujudkan mimpi para petani dengan olahan terkini.

        “Karena sawah tidak bisa ditambahkan, tapi bagaimana agar padinya bisa panen lebih cepat dan bulir padinya lebih banyak serta cara bertaninya. Di sini kita dijarkan agar tidak terus-terusan jadi petani primitif, tapi menjadi petani yang cerdas di jaman now,” jelasnya.

       Dikatakannya, hasil panennya sudah ada yang siap menampung dengan harga yang menguntungkan petani melalui Gaido Foundation yang bisa disalurkan di Santrimart Banten. "Kebetulan kami sudah melakukan praktik penanaman padi pertama pada 5 Oktober lalu dengan target 1000 hektar, dan petani binaan kami ada sebanyak 1562 orang," katanya.

       Dalam hal ini Nurul Hayat berharap, rezeki para petani terus bertambah sehingga bisa membangun kemajuan ekonomi masyarakat petani Lebak dan Banten.

        Selain itu, kata dia, pihaknya pun mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu memajukan kaum petani. "Terima kasih kami ucapkan untuk Prof Ali Zum Bashar dan Gaido Foundation. Semoga kami bisa jadi petani maju dan modern, bisa menabung gabah dan padi, berangkat umroh serta membahagiakan keluarga, tentunya” paparnya penuh harap. 

       Sementara itu, Ketua Umum Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani), Guntur Subagja Mahardika kepada LineNews.id belum lama ini menyebut, petani Indonesia bisa meningkat maju, tentunya dengan memperbanyak pemahaman metode tani yang bisa meningkatkan hasil lebih. Menurutnya, banyak potensi meningkatkan ekonomi petani dengan berbagai pelatihan olah tanam modern. 

"Potensi petani Indonesia bisa lebih unggul dan sejahtera. Asal petani kita bisa mengubah pola olah tani primitif kepada sistem yang lebih menghasilkan maju, tentunya dengan transfer pengetahuan tani yang mumpuni yang dikemas para ahli. Seperti yang dibina pa Hasan Gaido dengan Gaido Foundationnya di Lebak Banten," ujarnya. (Adnin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.