Breaking News

Di Pilkades Lebak 108 Desa Terdeteksi Rawan Konflik, Polisi Adopsi Pengamanan Over Estimate

Kapolres Lebak dalam persiapan personil pengamanan Pilkades Serentak di Lebak, Kamis (21/10).
      Lebak, LineNews.id- Tahapan pemungutan suara Pilkades serentak di Kabupaten Lebak akan digelar pada Minggu 24 Oktober 2021.

Diketahui, Pilkades akan dilaksanakan di 265 desa, 28 kecamatan degan jumlah TPS sebanyak 1.656 dengan rentang titik wilayah yang cukup luas.

       Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto menyampaikan bahwa Strategi Pengamanan (Pam) Over Estimate akan diadopsi dalam Pilkades Lebak.

       “Sesuai hasil mapping, terdapat 45 desa terdeteksi sangat rawan, 108 desa rawan dan 112 desa kurang rawan, potensi kerawanan yang cukup tinggi perlu diantisipasi supaya tidak ganggu kondusifitas saat ini, termasuk dari potensi munculnya cluster baru Covid-19 dan kontijensi bencana alam,” kata Kapolda Banten, Kamis (21/10).

       Kapolda menyebut, bahwa personel pengaman TPS tidak membawa senjata api saat bertugas. Namun, guna mencegah cluster baru Covid-19 dalam Pilkades pihaknya pun menginstruksikan agar panitia TPS pastikan peralatan protokol lengkap dan membuka gerai vaksin di setiap TPS.

       “Untuk pelaksanaan Pilkades telah memerintahkan Kapolres Lebak agar pastikan TPS dapat membuka gerai vaksin sehingga pemilih dapat divaksin pasca gunakan hak suara,”Ujar Rudy.

       Sementara, Kapolres Lebak, AKBP Teddy Rayendra dalam konferensi pers menyampaikan penempatan personel yang akan melakukan pengamanan dilakukan dengan membuat enam zonasi.

       “Untuk penempatan zonasi, yaitu zona I di Maja, zona II di Muncang, Zona III di Leuwidamar, Zona IV di Lebak Gedong, Zona V di Bayah, dan Zona VI di Banjarsari,” ujar ungkap Teddy.

       Ditambahkan Teddy, bahwa volume personel untuk pengamanan di 1.655 TPS itu sebanyak 1.322 personel yang terdiri dari unsur kepolisian dan 3.314 personil Linmas, total personel yang akan melakukan pengamanan pilkades di Lebak sebanyak 4.636 personel.

       “Pola Pam di TPS yang sangat rawan 1 - 2:2, yaitu 1 TPS diamankan 2 pers Polri dan 2 Linmas, dan TPS rawan 2:2:4 yaitu 2 TPS diamankan 3 personil Polri,” kata Kapolres.

       Teddy pun menjelaskan pula bahwa tiap zona ditempatkan 1 pleton brimob dan 1 pleton dalmas yang senantiasa mobile di cover area masing-masing dengan keterampilan tangani kontijensi

       “Personel Brimob akan ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Satbrimob Polda Banten ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Korps Brimob ditempatkan di Polres Lebak, Cipanas, Warung Gunung dan Malingping, juga memiliki keterampilan dalam penanganan situasi kontijensi, 250 Pers BKO Dalmas Polda Banten akan ditempatkan di 10 Polsek, dan 352 pers BKO TNI dari Kodim 0603/Lebak,” papar Kapolres Lebak.

       Terpisah, Kabidhumas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga mengajak dalam mensukseskan Pilkades di Kabupaten Lebak aman, sehat dan kondusif agar bersama menjaga kamtibmas saat Pilkades,

        “Mari bersama-sama hindari money politik, hoax, intimidasi dan patuhi protokol kesehatan sehingga Pilkades berlangsung aman, sehat dan kondusif. Dan tetap waspada terhadap kemungkinan bencana alam," terangnya. (Adnin)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close