News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pendapatan Pajak Pemkab Lebak Turun Drastis, Hingga Mei 2021 Baru Tercapai 46,74 Persen

Pendapatan Pajak Pemkab Lebak Turun Drastis, Hingga Mei 2021 Baru Tercapai 46,74 Persen

Hari Setono, Kepala Bapeda Lebak   
LEBAK, LineNews.id - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Hari Setiono menyebutkan bahwa capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebak pada Mei 2021 lalu secara akumulatif sudah mencapai 46,74 persen, Selasa (08/06).        

Disebutkan, menurut Kepala Bapeda Lebak kepada wartawan, capaian ini mengalami kendala penurunan karena terbentur Pandemi Covid. Seperti dari PAD pajak hotel masih terbilang rendah, target Tahun ini baru tercapai 27,47 Persen dari target Rp380 Juta. Sedangkan pajak restoran baru tercapai 16,62 Persen dari target Enam Miliar Rupiah. Dan pihaknya kini masih optimistis melakukan upaya pencapaian target PAD.         

Hari Setiono mengatakan, jumlah itu adalah akumulasi pendapatan, belum termasuk sektor lainnya. "Secara akumulatif pada Mei 2021 sesuai data yang ada sudah mencapai 46,74 Persen. Walau ada beberapa sektor yang persentasinya masih kecil,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (08/06).          

Satu dari tiga kandidat calon Sekda Lebak ini menjelaskan, bahwa persentasi pencapaian yang masih rendah itu diantaranya adalah dari pajak hotel dan restoran yang sangat dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid 19 seperti saat ini.         

"Untuk pajak dari hotel targetnya tahun ini adalah 380 Juta rupiah, capaiannya baru 27,47 persen. Sedangkan untuk pajak dari restoran targetnya sekita 6 Milliar rupiah, capaiannya baru 16,62 persen,”ungkap Hari.         

Sementara menyikapi pendapatan yang masih minus tersebut, pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan PAD agar bisa memenuhi target yang telah ditentukan. Kata Hari, termasuk melalui sosialiasi ke lapangan.        

“Upaya-upaya pasti telah kita lakukan, namun di kondisi Pandemi seperti saat ini tentunya ada toleransi. Apalagi seperti kita ketahui bersama untuk usaha hotel dan restoran sangat terasa dampaknya,” paparnya. (Adnin/Red)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.