Breaking News

Dimyati Minta Izin Operasi Labkesda Lebak Segera Diurus

SERANG, LineNews.id - Anggota Fraksi DPRD Banten, M Nawa Said Dimyati meminta Pemprov Banten membantu proses perizinan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang ada di Kabupaten Lebak.

Disebutkan, hal ini agar Laboratorium tersebut belum bisa beroperasi melakukan tes Covid-19, lantaran belum mendapatkan izin dan rekomendasi.

Nawa Said yang juga Wakil Ketua DPRD Banten ini juga mengatakan, jika Labkesda yang ada di Kabupaten Kota seperti di Lebak, sudah bisa mendapatkan izin operasional melakukan tes PCR, tentunya dapat membantu Labkesda Provinsi melakukan pengecekan Covid-19.

“Sekarang di Labkesda Banten sudah banyak bahkan numpuk, kalau Labkesda di Kabupaten kota bisa dioperasikan itu dapat membantu,” katanya, Senin (15/2/2021).

Lebih lanjut, meski kondisi saat ini seluruh kabupaten kota di Banten telah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19, tetapi Satgas Covid-19 kabupaten kota lebih masif melakukan 3T di wilayah masing-masing.

“Tetap lakukan Testing, Tracking dan Treatmen (3T), harus dilakukan secara simultan dan berkelanjutan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti menuturkan, bahwa Izin operasional tersebut dikeluarkan dari Kemenkes, namun melalui rekomendasi Dinkes provinsi.

Ati mengungkapkan, alasan Labkesda Lebak belum mendapatkan rekomendasi dari pihaknya, lantaran berdasarkan hasil visitasi yang dilakukan, masih ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh Labkesda Lebak.

“Kelengkapan syarat-syarat tersebut harus dipenuhi untuk menjaga kualitas, dan validitas pemeriksaan serta keamanan petugas yang memeriksa,” ucapnya.

Ati memastikan, jika persyaratan yang dilakukan Labkesda Lebak sudah memenuhi syarat, pihaknya akan segera menerbitkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Balitbangkes Kemenkes di Jakarta, untuk dikeluarkan ijin operasional-nya. (MS/HR)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close