Jurnalis Diancam, Aktivis Lingkungan Baksel Kecam Pelaku

 


LEBAK, LineNews.id - Terkait adanya ancaman terhadap wartawan media online karena disinyalir sering mengkritisi rencana penambangan pasir di lepas laut Bayah - Cihara, aktivis lingkungan Lebak Selatan (Baksel) Wijaya D Sutisna menilai jika pelaku yang diduga oknum HNSI tersebut tidak tau tugas profesi jurnalis.

Disebutkan, nada ancaman itu tertuju kepada saudara Odil, wartawan media online Bantenekspos.com yang diketahui aktif dalam memberitakan aspirasi nelayan menolak pertambangan pasir emas di Baksel.

Aktivis Lingkungan Baksel Wijaya D Sutisna mengatakan, pihaknya mengutuk keras siapapun yang berani menghalangi tugas wartawan dalam memberitakan informasi, apalagi sampai melontarkan nada ancaman kepasa wartawan.

"Saya selaku aktivis lingkungan dan sekaligus Pengurus DPC Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Mengutuk keras terhadap siapa saja yang berani menghalang-halangi tugas jurnalis, apa lagi ada nada berbau ancaman, seperti yang diduga dilakukan oleh oknum Pengurus HNSI Bayah," katanya. Sabtu, (09/1/2021).

Lanjutnya, dengan tindakan pelaku yang dianggap sudah menghalangi tugas wartawan dalam menyampaikan informasi publik, Sutisna menegaskan akan melaporkan persoalan itu ke aparat penegak hukum.

 "Jika hal ini memang benar terjadi maka kami akan secara resmi mengadukan hal ini kepada pihak hukum, dan saya merasa aneh kok kenapa wartawan mau mempublikasikan aspirasi masyarakat yang berkembang terkait adanya rencana penambangan pasir di lepas pantai di Lebak Selatan malah harus bilang dulu sama seseorang emangnya dia itu siapa?," tegasnya.

Kata Sutisna, dirinya mengajak kepada masyarakat Bayah dan sekitarnya agar sama-sama menolak rencana pertambangan pasir yang dinilainya akan merusak ekosistem laut selatan dan akan menimbulkan abrasi pantai.

"Mestinya sebagai warga bayah harusnya membantu dan mencegah atas rencana tersebut, karena ini secara terbuka masyarakat di daerah pesisir sudah merasa khawatir akan dampak yang di timbulkan," paparnya. (HR/Red)

Tidak ada komentar untuk "Jurnalis Diancam, Aktivis Lingkungan Baksel Kecam Pelaku"

CopyAMP code
CopyAMP code