Fasilitas Gedung TPI Higienis Binuangen Banyak Tak Berfungsi

LEBAK, LineNews.id - Sejak tahun 2018 tempat pelelangan ikan (TPI) Higienis Binuangen yang berlokasi di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak tak terurus. Fasilitas gedung TPI terpantau banyak yang tidak berfungsi.

Disebutkan, pasca penyerahan TPI Higienis ke Pemda Lebak hingga sekarang, tempat untuk para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di laut tersebut terkesan dibiarkan begitu saja oleh Dinas Perikanan Lebak.

Padahal, tempat itu sudah memberikan kontribusi besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lebak. Diketahui, TPI itu di kelola oleh Koperasi Mina Muara Sejahtera, kendati itu kondisinya sangat memprihatinkan.

Salah seorang aktivis Badan Pemeriksa Aset Negara asal Lebak Selatan (Baksel) Wijaya D Sutisna mengatakan, bahwa ada beberapa fasilitas di tempat itu tidak berfungsi dengan baik. Pihaknya sangat menyayangkan kenapa lumbung penghasilan untuk Kabupaten Lebak tersebut tidak dirawat dengan baik.

"Terlihat lampu untuk penerangan di pelelangan ikan di sana sudah lama banyak yang tidak nyala. Selain itu rolling dor juga yang fungsinya untuk keluar masuk pelelang ikan hampir tak ada fungsinya," kata Ketua  DPC BPAN LAI kabupaten Lebak Wijaya D Sutisna kepda LineNews.id.

Seharusnya lanjut Wijaya, aset milik daerah bisa diperhatikan dan mendapat perawatan dengan baik, karena tempat pelelangan ikan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat nelayan dan masyarakat umum.

"Tulisan Higienis yang ada di dinding tembok depan bagian atas juga sudah pada jatuh dan tidak ada upaya perbaikan, kenapa ini tidak diperhatikan oleh Dinas Perikanan? Ini kan salah satu yang masuk ke PAD Lebak dan juga sangat dibutuhkan oleh nelayan," ujar pria yang akrab disapa Bule ini.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan TPI Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Oktody Pamungkas, dalam keteranganya di salah satu media online mengatakan, kondisi memprihatinkan TPI itu sudah dilaporkan ke DKP Provinsi, Diskan Lebak dan pengelola TPI.

"Informasi ini sedang kita koordinasikan dan komunikasikan dengan para pihak terkait. Kita akan coba duduk bareng dan rundingkan agar ada solusi yang tentunya buat kebaikan bersama," katanya.

Dikonfirmasi awak media, ketua Koperasi Mina Muara Sejahtera Wading Riana menjelaskan, bahwa pemeliharaan fasilitas TPI Higienis Binuangeun tersebut, kewenangannya milik DKP Provinsi Banten.

"Itu kewenangan DKP Provinsi," singkatnya.(HR/Red)

Tidak ada komentar untuk "Fasilitas Gedung TPI Higienis Binuangen Banyak Tak Berfungsi"

CopyAMP code
CopyAMP code