Buangan Limbah PTPN VIII/PKS Banjarsari Diminta Dibenahi

Foto: Tampak kubangan pembuangan limbah akhir minyak kelapa sawit di PTPN VIII/PKS Kertajaya Kecamatan Banjarsari. Lokasi ini tidak jauh dari pemukiman warga dan limbah ini mengalir juga ke sungai Ciliman. Poto Senin (12/01).    

BANJARSARI, LineNews.id - Terkait tuntutan para pendemo dari Assosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Lebak - Pandeglang, Senin lalu (11/01), selain permohonan regulasi harga, Apkasindo juga minta PT Perkebunan Negara VIII Pabrik Kelapa Sawit (PTPN VIII/PKS) Kertajaya yang berlokasi di Desa Leuwi Ipuh, Kecamatan Banjarsari agar meminimalisasi dampak limbah buangan minyak palm coconut oil (PCO).        

Disebutkan, sementara pihak Administratur PTPN VIII/PKS Kertajaya berjanji akan meminimalisir pencemaran lingkungan yang diduga akibat kebocoran pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal).      

Dalam hal ini pegiat lingkungan di Lebak selatan, Wijaya D Sutisna mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten untuk segera menyelidiki dugaan pencemaran lingkungan akibat kebocoran pada instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) di PTPN PKS tersebut.        

"Tolong DLH Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak jangan tingggal diam menyikapi salah satu tuntutan aksi Apkasindo Lebak – Pandeglang, yang salah satu pointnya terkait pengolahan limbah produksi PKS 1 Kertajaya yang diduga sering mencemari lingkungan,”ujar Sutisna.      

Dikatakan Sutisna, pihak petusahaan harus ditindak tegas jika terbukti telah lalai dalam pengolahan limbah.     

"Pihak berwenang seperti DLH perlu turun untuk jemput bola untuk menyelidiki atau melakukan pengecekan guna memastikan adanya pencemaran seperti yang ditudingkan para pendemo dari Apkasindo. Masalahnya warga sekitar perkebunan itu jelas jadi korban pencemaran,"kata Sutisna.        

Sementara itu Administratur PTPN VIII/PKS Wawan Budiawan mengaku akan berusaha meminimalisasi limbah buangan Ipal PCO tersebut.      

"Kita akan berupaya meminimalkan dengan pemanfaatan dan pengelolaan limbah baik padat maupun cair,” papar Wawan Budiawan, Selasa (12/01).     

Tampak balong pembuangan limbah PCO sawit berwarna coklat kehitaman.

Pantauan LineNews.id, sehari sebelumnya, sejumlah petani yang tergabung dalam Apkasindo Lebak - Pandeglang, Senin (11/01) menggelar unjuk rasa di depan kantor PTPN VIII Kebun/PKS Kertajaya.        

Dalam aksinya pendemo menyampaikan delapan tuntutan diantaranya terkait penyetopan penerimaan Tandan Buah Segar, kesesuaian harga dan membenahi manajerial pengolahan limbah karena sering mengalami kebocoran sehingga mencemari lingkungan kawasan tiga desa di kecamatan tersebut. (HR/Ratu Adnin)

Tidak ada komentar untuk "Buangan Limbah PTPN VIII/PKS Banjarsari Diminta Dibenahi"

CopyAMP code
CopyAMP code