News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Malam Tahun Baru Polisi Tutup Total Jalur Menuju Kota Rangkasbitung

Malam Tahun Baru Polisi Tutup Total Jalur Menuju Kota Rangkasbitung

Poto: jalur jalan menuju Kota Rangkasbitung yang akan dilakukan penutupan total pada malam pergantian tahun baru.

LEBAK, LineNews.id - Menjelang malam pergantian malam tahun baru polisi akan menutup total jalur menuju Balong Ranca Lentah dan alun-alun Rangkasbitung. Penutupan jalan itu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di pusat Kota untuk merayakan menyambut tahun baru 2021.

Disebutkan, akses jalan yang ditutup total bukan hanya untuk kendaraan, namun juga berlaku untuk pejalan kaki yang memaksa datang ke alun-alun Rangkasbitung.

Kasat Lantas Polres Lebak, AKP Tri Wilarno mengatakan, penutupan jalur kendaraan dan pejalan kaki menuju Alun-alun Rangkasbitung dan Balong Ranca Letah itu akan dilakukan pada malam pergantian tahun baru.

"Rencananya tanggal (31/12) saat malam pergantian Tahun Baru hasil rapat dengan semua instansi terkait seperti Kepolisian, TNI, dan Pemda menyepakati untuk menutup total akses menuju Balong Ranca Lentah dan Alun-alun," katanya kepada awak media, Rabu, (30/12/20).

Kasat Lantas menjelaskan, rencana penutupan akses jalan tersebut karena diyakini pada perayaan malam tahun baru tetap akan berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Meski sudah sudah dilakukan sosialiasi larangan melakukan perayaan tahun baru.

Menurut Mantan Kapolsek Jawilan itu, penutupan jalur menuju Balong Ranca Lentah dan alun-alun Rangkasbitung sebagai langkah mencegah adanya masyarakat yang bendel untuk tetap merayakan tahun baru di Alun-alun dan Balong Ranca Lentah.

Kata Tri, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah meskipun ada penyekatan, orang-orang tetap datang ke Alun-alun Rangksbitung dengan berjalan kaki dan akhirnya menimbulkan kerumunan.

"Ada beberapa titik yang nanti akan kita jaga, seperti simpang Aweh, Yaspati, Central, Simpang Makan Pahlawan, Kampung Baru, Kapugeran, Simpang Balong, Jembatan Keong, Samsat Lama, Gedung 10 dan simpang BRI," tutur Tri.

Diketahui, durasi penutupan jalan tersebut, rencananya akan dilakukan mulai 31 desember 2020, pukul 18.00 Wib, sampai dengan 1 Januari 2021 pukul 01.00 Wib. Sementara itu, kata Tri, pihaknya juga berencana akan melakukan penyekatan di rute yang memang akses perbatasan pada saat perayaan malam tahun baru. 

Tri menjelaskan, tujuan penyekatan dilakukan untuk mengindari kerumunan massa atau menghalau konvoi yang hendak menuju Alun-alun atau Kota Rangkasbitung.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana menegaskan, pihaknya tidak akan menerbitkan surat izin keramaian untuk perayaan malam tahun baru 2021. hal itu sesuai dengan protokol kesehatan yang melarang kerumunan massa selama pandemi Covid-19 dan Sesuai Maklumat Kapolri Nomor: Mak/4/XII/2020. 

"Kita pastikan bahwa segala bentuk keramaian, perizinan untuk malam tahun baru misalnya tak akan dikeluarkan oleh Polda Banten." paparnya. (HR/Reg)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.