Pertambangan Emas di Cibeber Dinilai Baik Bagi Ekonomi Masyarakat

Poto: Humas PT SBJ Tb Endin.(27/11)|doc:LineNews.id

Lebak, LineNews.id -  Keberadaan aktivitas pertambangan emas yang dilakukan oleh PT Samudera Banten Jaya (SBJ), yang berlokasi di Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, dinilai dapat menjadi tumpuan pundi-pundi penghasilan bagi masyarakat setempat.

Disebutkan, bahwa ada puluhan masyarakat yang menumpakan hidupnya diusaha pertambangan itu.

Humas PT SBJ Tb Endin menjelaskan, jika selama ini perusahaan yang sedang beraktivitas diusaha pertambangan selalu mengedapankan kepentingan masyarakat dan keramahan lingkungan.

"PT SBJ sangat koopratif terkait dampak lingkungan/saluran sawah warga, dan eluhan atau kerugian para petani di area sekitar perusahan kami sudah memberikan bantuan," kata Endin.

Lanjut Endin, meski adanya tudingan yang diarahkan kepada PT SBJ karena surat izin melakukan pertambangan sudah habis, pihak PT SBJ mengaku sudah dilakukan memperpanjang legalitas formal tersebut.

"Mengingat sudah habis maka kita ajukan perpanjangan, mengingat ada metode perubahan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sekali lagi terkait izin kita sudah ada, “ kata Tb Endin via sambungan telepon. Jum’at (27/11/2020).

Masih kata Endin, pihaknya selalu memberikan edukasi kepada para penambang agar kegiatan pertambangan tidak dikotori denga aktivitas yang akan merusak lingkungan.

"Saya selaku humas dari PT SBJ selalu mensosialisasikan kepada para pekerja di tambang agar selalu megedepankan keselamatan serta tidak mennggunakan alat yang kira-kira dilarang," ujarnya.

Kemudian masih kata Endin, di sana ada banyak masyarakat yang menjadikan tambang sebagai mata pencaharian utamanya. "Ada tenaga harian sehari kurang lebih 15 sampai 20 orang penduduk desa Warung Banten itu dengan ada dampak Covid-19 sangat mengurangi pengangguran dan ekonominya meningkat," terangnya.

Selain itu, jika ada terjadi sesuatu yang merugikan warga karena dampak kegiatan tambang, pihak perusahaan siap menggantinya.

"Jika ada keluhan warga Kampung Cikoneng Desa Warung Banten yang saluran sawahnya terganggu sudahh disepakati  untuk diganti gagal panen  melalui musyawarah dengan pemilik sawah warga  untuk penggantian," ujarnya.

Selanjutnya, karena dengan keberadaan aktivitas tambang tersebut, slauran air yang mengaliri sawah warga jadi tersendat. Maka, pihak perusahaan sudah mengajukan untuk membantu memlerbaiki saluran air.

"Tidak ada lagi karna pemilik sawah maunya di jalankan lagi salurannya tapi setelah dicek oleh pihak perusahan dengan perangkat desa  irigasinya sudah kena abrasi dampak dari banjir di musim hujan, irigasi kalau mau dibuat harus permanen ada perangkat desa waktu sidak ke lokasi secara bersamaan dianggrn DD 2021 ada rencana untuk dibuat permanen melalui Program P3A," imbuhnya.

"Pihak perusahaan sependapat dengan membuat irigasi permanen tinggal perusahaan membantu aggrannya jika nanti mau di lakukan pembuatan irigasi." paparnya.

Kata Endin, pihaknya berharap agar keberadaan aktivitas tambang yang dilakoni masyarakat ini bisa mendapat dukungan dari berbagai pihak. Agar, mata pencaharian masyarakat Cibeber tetap berlangsung dengan tidak ada kendala.(HR)


Tidak ada komentar untuk "Pertambangan Emas di Cibeber Dinilai Baik Bagi Ekonomi Masyarakat"

CopyAMP code
CopyAMP code