DPRD Kota Serang Ingin 376 Hektare Sawah Milik Pemerintah Diambil Alih

 

Serang, LineNews.id - Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Kota Serang mendorong Pemkot Serang untuk mengambil alih 376 hektare lahan pertanian produktif. 

Disebutkan, Lahan milik Pemkot Serang itu berlokasi di daerah Cangkring, Kecamatan Kasemen. Selama beberapa tahun ini pengelolaannya dipegang oleh pihak lain.

Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi mengatakan, lahan pertanian itu nantinya dalam pengelolaan akan diprioritaskan bagi masyarakat Kasemen, bukan untuk masyarakat diluar daerah. Namun kedepan pengawasannya dibawah naungan BUMD Agro, yang kekinian tengah dipersiapkan Raperda nya.

"Jadi gini. Lahan itu nantinya akan di kelola oleh masyarakat Kota Serang dengan sistem sewa lahan ke Pemkot Serang," kata Budi saat ditemui di Puspemkot Serang, KSB, Kota Serang, Rabu (18/11/2020).

Hal ini dikarenakan menurut Politisi Gerindara itu, hasil yang didapatkan dari lahan milik Pemkot Serang selama ini, tidak masuk kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang. Padahal, masyarakat yang menggarap lahan tersebut selalu membayar sewa lahan tersebut tiap tahun. 

Lanjutnya, skema ini dirasa akan menguntungkan masyarakat petani. Terlebih sewa lahan sangat murah. Tidak hanya itu, masyarakat yang menyewa lahan dikhususkan beridentitas KTP Kota Serang.

"Kan itu bagus bagi masyarakat yang mau bertani, yang tidak punya lahan bisa sewa dengan murah ke Pemkot Serang. Kalau ke pihak lain jauh lebih mahal," ujarnya.

Mengenai tarif sewa, Budi memandang bisa dimusyawarahkan terlebih dahulu antara pemerintah dengan para petani. Agar menemukan win win solution, sehingga tidak ada salah satu pihak yang diberatkan.

"Misal, sewa lahan untuk per hektar nya itu senilai Rp 6 juta per-tahun, kan lumayan kalau dikalikan 376 hektare, berapa yang masuk ke kas daerah ? Tapi, tarif itu belum final harus di musyawarahkan dahulu," paparnya. (HR/Red)

Tidak ada komentar untuk "DPRD Kota Serang Ingin 376 Hektare Sawah Milik Pemerintah Diambil Alih"

CopyAMP code
CopyAMP code