Banjir Akibat Hujan Deras, Rumah Legislatif Nasdem Lebak Terendam

Caption : Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Malingping dan sekitarnya dan tersumbatnya saluran irigasi menyebabkan banjir di Kampung Simpang RT 13 Desa Sukamanah Kecamatan Malingping, tepatnya sekitar belakang Pasar Simpang. Selasa petang kemarin, (17/11).       

MALINGPING, LineNews.id Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Malingping dan sekitarnya dan tersumbatnya saluran irigasi menyebabkan banjir di Kampung Simpang RT 13 Desa Sukamanah Kecamatan Malingping, tepatnya sekitar belakang Pasar Simpang. Selasa petang kemarin, (17/11).      

Sebagian rumah warga di RT 13 itu terendam termasuk rumah milik Anggota DPRD Lebak dari Partai Nasdem Peri Purnama. Disebutkan, banjir diakibatkan hujan deras dan Irigasi Cilangkahan 2 yang selalu terdumbat sedimen lumpur membludak hingga air membanjiri rumah-rumah warga.       

“Air irigasi Cilangkahan 2 luber kang, airnya pun membanjiri dan masuk ke dalam rumah dengan kedalaman sekitar 75 CM an, motor saya juga mati mesinnya karena ketinggian air hingga nyampe ke jok motor,” ungkap Peri Purnama.       

Menurutnya, banjir diperkirakan dari pukul 16.30 Wib, warga pun banyak yang terdampak dan pasar Simpang pun mengalami hal serupa.    

“Sekarang sudah surut dan ini lagi bersih bersih, saya harap agar dinas PUPR Lebak segera menganggarkan untuk menormalisasi Irigasi Cilangkahan 2. Juga pihak provinsi pun segera melakukan normalisasi irigasi Cilangkahan 1 yang kerusakannya lebih parah karena menyebabkan tanah warga longsor. Karena irigasi terputus dibeberapa titik,” ujarnya.   

Sementara Momon Supriadi pemerhati lingkungan di Malingping menilai, keberadaan banjir akibat hujan deras dikarenakan banyak saluran air yang tersumbat.       

"Seandainya semua saluran air lancar mungkin air tidak berkumpul pada satu titik dan tidak akan meluber. Selain itu juga banyak drinase yang tak berfungsi, termasuk irigasi yang hampir semuanya tertutup sedimen lumpur," terang Momon, Rabu (18/11).     

Dikatakan, dalam hal ini pemerintah harus segera memperbaiki fasilitas drinase dan irigasi termasuk juga warga pun diminta untuk sadar lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan,      

"Seperti halnya di pasar lama Malingping itu saluran air banyak tersumbat sampah, air luber ke pemukiman yang di tempat rendah, rumah saya dibawah pun kena imbasnya. Ini harus jadi perhatian bersama, termasuk pemerintah agar sefera menormalkan semya sakuran air dab irigasi," paparnya. (HR/RAd)

Tidak ada komentar untuk "Banjir Akibat Hujan Deras, Rumah Legislatif Nasdem Lebak Terendam"

CopyAMP code
CopyAMP code