Breaking News

Tragedi Ciracas, Prajurit TNI Merasa Kehilangan Pride



Nasional, LineNews.id – Adanya peristiwa penyerangan markas Polsek Ciracas megungkap fenomena yang terjadi antara dua institusi perlindungan terdepan RI, yakni Polri dan TNI.

Berbagai asumsi mulai muncul semenjak kejadian ini, adakah oknum TNI di belakang kejadian ini atau adakah hal lain maksud dari penyerangan Polsek Ciracas.

Walaupun kasus ini sedang ditindak namun tak menyulut anggapan yang bermunculan.

Menurut Kepala BAIS (Kabais) TNI Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto menyatakan bahwa saat ini tak lagi bisa memandang prajurit bintara dan tamtama TNI selayaknya robot yang hanya menjalankan perintah saja.

"Sekarang kita enggak bisa lagi berpikir mereka adalah robot," ungkap Soleman dalam acara diskusi Indonesia Lawyers Club di tvOne dengan tema "Tragedi Ciracas Mengapa Terulang Kembali" pada Selasa malam, 1 September 2020.

Lebih lanjut, Soleman memandang prajurit TNI kini berpikir dengan sangat berbeda dan tidak melulu menjalankan perintah saja.

Terbukti, Soleman mengaku pernah berbincang dengan beberapa dari prajurit itu beberapa waktu lalu.

Padahal posisi Soleman hanya purnawirawan, tetapi masih ada prajurit bintara dan tamtama TNI yang mendatanginya sekadar untuk berbincang-bincang dan cara berpikir generasi mereka sudah berbeda.

Namun paling menarik dalam perbincangan itu, ada dari mereka yang mempertanyakan keberadaan NKRI saat ini.

Sebagai contoh, para prajurit bintara dan tamtama itu menyebut Pindad adalah kebanggaan mereka, tetapi ternyata Pindad kini dipimpin oleh Kepolisian.

Ini yang membuat mereka merasa ada pride yang hilang, bahkan belum lagi banyak jabatan pemerintahan yang diisi pejabat polisi. Sungguh berlainan dengan prajurit TNI yang dinilai jarang terlihat mengisi jabatan.

"Mereka nanya apa NKRI masih ada? saya jawab tentu ada. Mereka bilang yang ada negara Kepolisian," tandas dia mengakhiri dengan menirukan pertanyaan prajurit-prajurit tersebut.(HR/Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close