Wisata Religi: Patilasan Eyang Tajimaela Terletak di Desa Ujung Jaya-Ujung Kulon


Ujung Kulon, LineNews.id - Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Yakni berada di wilayah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.  Kawasan taman nasional ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Kawasan taman nasional ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Bicara Taman Nasional Ujung Kulon, tentu tidak lepas dari keindahan potensi wisata yang ada di sekitarnya. Diantaranya ada Pulau peucang dan pulau panaitan yang terletak di bagian barat Ujung Kulon, tempat ini diketahui menyimpan potensi wisata laut yang masih alami.

Namun, potensi wisata yang berada di wilayah Provinsi Banten ini tak hanya sebatas biota laut. Disana terdapat sebuah desa yang berada di kawasan paling ujung Kabupaten Pandeglang, menyimpan sebuah potensi wisata yang tak kalah menariknya yaitu wisata religi yang kebetulan lokasinya berada persis di area taman nasional Ujung kulon.

Daerah tersebut bernama kampung legon pakis terletak di Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Secara geografis, desa ini merupakan daerah kecil yang terletak di ujung pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Melihat pontesi wisata yang masih asri, masyarakat desa setempat berharap agar potensi  wisata religi ini dikembangkan oleh pemerintah agar bisa menjadi tempat wisata yang lebih menarik untuk mendatangkan pengunjung.

Seperti dikatakan Dedi, salasatu warga kampung Legon Pakis Desa Ujung Jaya, menurutnya banyak wisatawan yang datang kesini untuk sekadar berziarah karena secara kebetulan di sini terdapat sebuah petilasan yang diyakini warga setempat sebagai Keramat Eyang Tajimaela.

“Sebagian besar wisatawan yang datang merupakan warga dari luar provinsi banten,” kata Dedi kepada wartawan  linenews (29/05/2020)

Lanjut Dedi, pihaknya berencana mengembangkan tempat ini sebagai destinasi wisata religi. Selain itu ada daya tarik wisata lain yang bisa dikembangkan

Dirinya mengaku butuh proses lama untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata religi, karena pihaknya masih kesulitan biaya serta tidak adanya bantuan dari pemerintah. Selain itu kondisi jalan menuju tempat wisata ini masih banyak kendala terutama bagian fisik jalan yang masih rusak.

"kami sangat butuh perhatian dari pemerintah setempat dan kami berharap kepada pemerintah terkait agar bisa bekerja sama dengan masyarakat kampung legon pakis untuk mengembangkan obyek wisata ini.”ungkapnya.

Ditemui salah satu wisatawan asal bogor yang kebetulan sedang berkunjung ke tempat wisata Sanghiang Sirah. sebut saja namanya Udin (45), dirinya mengatakan bahwa warga percaya di Legon Pakis ini terdapat patilasan Eyang Tajimalela, selain itu, jika dikembangkan tempat ini berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata  religi yang dapat menarik wisatawan.

“Warga juga percaya, Keramat Eyang Tajimalela  yang berada persis di area Taman Nasional Ujung kulon, kalau pemerintah setempat mau mengembangkan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata religi, ini akan menjadi tempat yang bakal ramai dikunjungi masyarakat untuk berjiarah baik di dalam maupun di luar provinsi Banten.pungkasnya. (CR-07/Budi)

Tidak ada komentar untuk "Wisata Religi: Patilasan Eyang Tajimaela Terletak di Desa Ujung Jaya-Ujung Kulon"

CopyAMP code
CopyAMP code