Breaking News

Covid-19 Di Vietnam Nol Kematian. Apa Rahasianya ?


LineNews.id - Adanya keberhasilan Negara Vietnam dalam upaya preventif yang dilakukan negara itu cukup menarik. Sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, sampai dengan Minggu (12/4/2020), Negara bekas dipimpin Jenderal Vol Pot itu belum melaporkan satupun kasus kematian akibat Covid-19. Seperti dilansir laman worldometers, ada sebanyak 258 kasus terkonfirmasi positif di Vietnam.

Dari jumlah itu, sebanyak 144 orang sembuh. Sementara 114 lainnya dalam perawatan dan 8 lainnya masih dalam situasi kritis.

Lalu, apa rahasia Vietnam dalam mengatasi penyebaran Covid-19? Seperti dikutip "detik "health, Minggu (12/4/2020), ada empat kiat sukses Vietnam yang perlu ditiru.

Pertama, tindakan cepat, seperti pada 1 Pebruari, Vietnam memulai serangkaian inisiatif untuk mengatasi penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19, yaitu dengan menangguhkan semua penerbangan ke dan dari Tiongkok. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru Imlek lalu.

Kedua, karantina 21 hari. Dan dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke Tiongkok itu, karantina 21 hari diberlakukan di Provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu kekhawatiran terhadap status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, Tiongkok, tempat virus corona pertama kali mewabah jadi pandemi.

Ketiga, "physical distancing", yakni penerapan kebijakan pembatasan sosial ini pun diberlakukan hingga akhir April nanti. physical distancing yang di terapkan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting, melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Keempat, protokol kesehatan Vietnam Dr. Kidong Park merupakan Perwakilan WHO yang berada di  Vietnam,  menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah. Dalam hal ini petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan :

Pengobatan diharuskan oleh dokter dengan cara mengobati  gejalanya, seperti demam Pasien menjalani diet ketat dan bergizi-memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien.

Catatan nol kematian tersebut membuat operasional penerbangan domestik di Vietnam akan segera dibuka kembali. Salah satunya adalah maskapai Bamboo Airways. "Rute Hanoi-Ho Chi Minh City akan kembali beroperasi mulai 16 April, sedangkan rute-rute lainnya akan kembali beroperasi mulai 20 April," demikian pernyataan Bamboo Airways seperti dilansir Kantor Berita Reuters, Senin (13/4). (HWH)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close